Kamis, 20 Januari 2011

Pesona Gunung Agung

Gunung Agung gunung paling suci di pulau Bali dan menjadi rumah Pura Besakih, pura terbesar dan paling suci di Bali. Maret 1963, Gunung Agung ini terjadi letusan terakhir, yang larvanya mengalir nyaris mendekati Pura Besakih yeng terdapat di lereng gunung.  Gunung ini terletak di Bali bagian timur dengan ketinggian 3.148 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sementara itu, bertengger di lereng gunung dengan ketinggian sekitar 1.000 mdpl (3.000 kaki) adalah Pura Besakih yang merupakan pura ibu di Bali.


Hal ini, orang Bali menganggapnya sebagai suatu tanda dari para dewa yang kemudian menjadikannya sebagai tempat suci. Namun pada abad ke-15, Pura Besakih menjadi pura dinasti Geigel-Kiungkung, penguasa yang membangun beberapa candi kecil untuk menghormati keluarga mereka yang didewakan. Dan pura ini dikatakan hanya satu-satunya pura dimana seorang Hindu dari kasta apapun dapat beribadah. Di sekitar pura ini, terdapat tiga candi utama didedikasikan untuk Siwa, Brahma dan Wisnu.

Dua kuil-kuil penting lainnya yang jauh di lereng bergabung dengan Pura Panataran Agung untuk melambangkan trinitas Hindu. Pura Panataran Agung di tengah dengan bendera putih untuk Siwa, Pura Kiduling Kreteg di kanan dengan bendera merah untuk Brahma, dan Pura Batu Mddeg di sebelah kiri dengan bendera hitam untuk Wisnu. Pura Besakih buka mulai pukul 8.00 sampai 17.00 Wita dengan biaya masuk kuil Rp 7.500. Jika membawa kamera dikenakan tambahan biaya Rp 1.000 dan video kamera Rp 2.500. Untuk berkeliling Anda juga bisa mengenakan sarong yang disewakan dengan biaya Rp 2.000.[wlmn/sr]
Wisata Indonesia



0 komentar:

Posting Komentar

 
informasi tempat wisata di bali indonesia